RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
BERDASARKAN SE
KEMENDIKBUD NO.14/2019
Nama Sekolah/Madrasah :
Mata Pelajaran :
Materi Pokok :
(CARA MENGISI MATERI POKOK, BISA
DIAMBILKAN DARI BUNYI KD KI-3, TINGGAL MENGHILANGKAN KATA PALING DEPAN)
Kelas/semester :
Alokasi Waktu :
A.
Tujuan
Pembelajaran
Memenuhi unsur
sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan pada umumnya terdapat unsur A, B, C, D
A = Audience
(peserta didik/siswa)
B = Behaviour
(kemampuan/kompetensi)
C = Condition
(situasi/stimulus/kondisi/prasarat, metode, media)
D = Degree (tingkatan biasanya berisi; dengan baik, benar, tepat atau sikap KI-1, KI-2 sebagai pengikat)
B.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
(2 jp)
a.
Pendahuluan (7 menit)
1.
Mengucapkan salam dilanjutkan
dengan berdoa (PPK
Religius) sebelum memulai
aktifitas/pembelajaran
2.
Menanyakan kabar peserta didik,
dilanjutkan mengabsensi/presensi
3.
Mengkondisikan suasana pembelajaran
yang menyenangkan melalui bernyanyi enam rukun iman, dilanjutkan yel-yel
Indonesia….Jaya (PPK
Nasionalis)
4.
Mendiskusikan materi/kompetensi
yang telah dipelajari sebelumnya, dengan mengkaitkan materi yang akan
dipelajari (appersepsi)
5.
Menjelaskan kompetensi yang akan
dicapai, serta tujuan dan manfaat mempelajari materi/tema dalam kehidupan
sehari-hari
6.
Menjelaskan garis besar
pembelajaran/cakupan materi serta langkah kegiatan yang akan dilaksanakan
7.
Menjelaskan lingkup dan tehnik
penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
Inti ( 53 menit)
· Mengamati (mengamati dengan indra (membaca, mendengar, , melihat,
menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat
§
· Menanya (membuat dan mengajukan pertanyaan, , berdiskusi
tentang informasi yang
belum dipahami, informasi tambahan yang ingin diketahui, atau sebagai
klarifikasi.
§
· Mengumpulkan informasi/ mencoba (eksplorasi/eksperimen) (mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan, meniru bentuk/gerak, melakukan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengumpulkan data dari nara sumber melalui angket, wawancara, dan memodifikasi/ menambahi/mengembangkan)
§
· Menalar/mengasosiasi (mengolah informasi yang sudah dikumpulkan,
menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau
menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu
pola, dan menyimpulkan)
§
· Mengomunikasikan (menyajikan laporan dalam bentuk bagan, diagram, atau
grafik; menyusun laporan tertulis; dan menyajikan laporan meliputi proses,
hasil, dan kesimpulan secara lisan)
§
c.
Penutup
( 10 menit)
(pada kegiatan
PENUTUP, kegiatan minimal bisa dilihat pada Permendikbud 22/2016 hal. 12)
§ Guru
bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
§ Guru
mengadakan refleksi dan umpan balik hasil pembelajaran
§ Guru
mengadakan tes hasil pembelajaran
§ Guru
mengadakan remidi bagi peserta didik yang belum tuntas, serta memberikan
pengayaan bagi peserta didik yang tuntas lebih awal
§ Guru
memberikan tugas mandiri, baik individu maupun kelompok
§ Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
§ Guru
memberikan pesan-pesan moral terkait dengan keimanan (KI-1) dan akhlakul
karimah (KI-2)
§ Guru
mengajak berdoa akhir majlis, dialnjutkan salam
Pertemuan kedua (2
jp)
a.
Pendahuluan
(....menit)
(pada kegiatan
PENDAHULUAN, kegiatan minimal bisa dilihat pada Permendikbud 22/2016 hal. 11)
1.
Mengucapkan salam dilanjutkan
dengan berdoa sebelum memulai aktifitas/pembelajaran
2.
Menanyakan kabar peserta didik,
dilanjutkan mengabsensi/presensi
3.
Mengkondisikan suasana pembelajaran
yang menyenangkan DENGAN BERNYANYI LAGU NASIONAL “syukur” (PPK NASIONALIS)
4.
Mendiskusikan materi/kompetensi
yang telah dipelajari sebelumnya, dengan mengkaitkan materi yang akan
dipelajari (appersepsi)
5.
Menjelaskan kompetensi yang akan
dicapai, serta tujuan dan manfaat mempelajari materi/tema dalam kehidupan
sehari-hari
6.
Menjelaskan garis besar
pembelajaran/cakupan materi serta langkah kegiatan yang akan dilaksanakan
7.
Menjelaskan lingkup dan tehnik
penilaian yang akan digunakan
b.
Kegiatan
Inti (.... menit)
· Mengamati (mengamati dengan indra (membaca, mendengar, menyimak,
melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat
§ .......................
§ .......................
· Menanya (membuat dan mengajukan pertanyaan, tanya jawab,
berdiskusi
tentang informasi yang
belum dipahami, informasi tambahan yang ingin diketahui, atau sebagai
klarifikasi.
§ .......................
§ .......................
· Mengumpulkan informasi/ mencoba
(eksplorasi/eksperimen) (mengeksplorasi,
mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan, meniru bentuk/gerak, melakukan
eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengumpulkan data dari nara
sumber melalui angket, wawancara, dan memodifikasi/ menambahi/mengembangkan)
§
§ .......................
· Menalar/mengasosiasi (mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan)
§ .......................
§ .......................
· Mengkomunikasikan (menyajikan laporan dalam bentuk bagan, diagram, atau grafik; menyusun laporan tertulis; dan menyajikan laporan meliputi proses, hasil, dan kesimpulan secara lisan)
§ .......................
§ .......................
c.
Penutup
(.... menit)
(pada kegiatan
PENUTUP, kegiatan minimal bisa dilihat pada Permendikbud 22/2016 hal. 12)
§ Guru
bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
§ Guru
mengadakan refleksi dan umpan balik hasil pembelajaran
§ Guru
mengadakan tes hasil pembelajaran
§ Guru
mengadakan remidi bagi peserta didik yang belum tuntas, serta memberikan
pengayaan bagi peserta didik yang tuntas lebih awal
§ Guru
memberikan tugas mandiri, baik individu maupun kelompok
§ Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
§ Guru
memberikan pesan-pesan moral terkait dengan keimanan (KI-1) dan akhlakul
karimah (KI-2)
§ Guru
mengajak berdoa akhir majlis, dialnjutkan salam
C.
Penilaian/Asesment
· Sikap
Spiritual dan Sosial : Observasi
(rubric dan instrument terlampir)
· Pengetahuan : TesTulis dan Lisan
(rubric dan instrument terlampir)
· Ketrampilan : Unjuk Kerja
(rubric dan instrument terlampir)
Mengetahui,
............,
tgl.....................
Kepala
...... Guru
Mapel
....................................... ......................................