CONTOH RPP 1 LEMBAR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

BERDASARKAN SE KEMENDIKBUD NO.14/2019


Nama Sekolah/Madrasah     :

Mata Pelajaran                      :

Materi Pokok                        :

(CARA MENGISI MATERI POKOK, BISA DIAMBILKAN DARI BUNYI KD KI-3, TINGGAL MENGHILANGKAN KATA PALING DEPAN)

Kelas/semester                       :

Alokasi Waktu                      : 

 

A.      Tujuan Pembelajaran

Memenuhi unsur sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan pada umumnya terdapat unsur A, B, C, D

A = Audience (peserta didik/siswa)

B = Behaviour (kemampuan/kompetensi)

C = Condition (situasi/stimulus/kondisi/prasarat, metode, media)

D = Degree (tingkatan biasanya berisi; dengan baik, benar, tepat atau sikap KI-1, KI-2 sebagai pengikat)

 

B.       Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama (2 jp)

a.    Pendahuluan  (7 menit)

1.      Mengucapkan salam dilanjutkan dengan berdoa (PPK Religius) sebelum memulai aktifitas/pembelajaran

2.      Menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan mengabsensi/presensi

3.      Mengkondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan melalui bernyanyi enam rukun iman, dilanjutkan yel-yel Indonesia….Jaya (PPK Nasionalis)

4.      Mendiskusikan materi/kompetensi yang telah dipelajari sebelumnya, dengan mengkaitkan materi yang akan dipelajari (appersepsi)

5.      Menjelaskan kompetensi yang akan dicapai, serta tujuan dan manfaat mempelajari materi/tema dalam kehidupan sehari-hari

6.      Menjelaskan garis besar pembelajaran/cakupan materi serta langkah kegiatan yang akan dilaksanakan

7.      Menjelaskan lingkup dan tehnik penilaian yang akan digunakan 

b.   Kegiatan Inti ( 53 menit)

·      Mengamati (mengamati dengan indra (membaca, mendengar, , melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat

§   .......................

 

·      Menanya (membuat dan mengajukan pertanyaan, , berdiskusi

tentang informasi yang belum dipahami, informasi tambahan yang ingin diketahui, atau sebagai klarifikasi.

§   .......................

 

·      Mengumpulkan informasi/ mencoba (eksplorasi/eksperimen) (mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan, meniru bentuk/gerak, melakukan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengumpulkan data dari nara sumber melalui angket, wawancara, dan memodifikasi/ menambahi/mengembangkan)

§   .......................


·      Menalar/mengasosiasi (mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan)

§   .......................


·      Mengomunikasikan (menyajikan laporan dalam bentuk bagan, diagram, atau grafik; menyusun laporan tertulis; dan menyajikan laporan meliputi proses, hasil, dan kesimpulan secara lisan)

§   .......................


c.    Penutup ( 10 menit)

(pada kegiatan PENUTUP, kegiatan minimal bisa dilihat pada Permendikbud 22/2016 hal. 12)

§  Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran

§  Guru mengadakan refleksi dan umpan balik hasil pembelajaran

§  Guru mengadakan tes hasil pembelajaran

§  Guru mengadakan remidi bagi peserta didik yang belum tuntas, serta memberikan pengayaan bagi peserta didik yang tuntas lebih awal

§  Guru memberikan tugas mandiri, baik individu maupun kelompok

§  Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

§  Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan keimanan (KI-1) dan akhlakul karimah (KI-2)

§  Guru mengajak berdoa akhir majlis, dialnjutkan salam

 

Pertemuan kedua (2 jp)

a.      Pendahuluan (....menit)

(pada kegiatan PENDAHULUAN, kegiatan minimal bisa dilihat pada Permendikbud 22/2016 hal. 11)

1.      Mengucapkan salam dilanjutkan dengan berdoa sebelum memulai aktifitas/pembelajaran

2.      Menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan mengabsensi/presensi

3.      Mengkondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan DENGAN BERNYANYI LAGU NASIONAL “syukur” (PPK NASIONALIS)

4.      Mendiskusikan materi/kompetensi yang telah dipelajari sebelumnya, dengan mengkaitkan materi yang akan dipelajari (appersepsi)

5.      Menjelaskan kompetensi yang akan dicapai, serta tujuan dan manfaat mempelajari materi/tema dalam kehidupan sehari-hari

6.      Menjelaskan garis besar pembelajaran/cakupan materi serta langkah kegiatan yang akan dilaksanakan

7.      Menjelaskan lingkup dan tehnik penilaian yang akan digunakan 

b.   Kegiatan Inti (.... menit)

 

·      Mengamati (mengamati dengan indra (membaca, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat

 

§  .......................

§  .......................

 

·      Menanya (membuat dan mengajukan pertanyaan, tanya jawab, berdiskusi

tentang informasi yang belum dipahami, informasi tambahan yang ingin diketahui, atau sebagai klarifikasi.

 

§  .......................

§  .......................

 

·      Mengumpulkan informasi/ mencoba (eksplorasi/eksperimen) (mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan, meniru bentuk/gerak, melakukan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengumpulkan data dari nara sumber melalui angket, wawancara, dan memodifikasi/ menambahi/mengembangkan)

 

§   .......................

§   .......................


·      Menalar/mengasosiasi (mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan)

§   .......................

§   .......................


·      Mengkomunikasikan (menyajikan laporan dalam bentuk bagan, diagram, atau grafik; menyusun laporan tertulis; dan menyajikan laporan meliputi proses, hasil, dan kesimpulan secara lisan)

§   .......................

§   .......................


c.    Penutup (.... menit)

(pada kegiatan PENUTUP, kegiatan minimal bisa dilihat pada Permendikbud 22/2016 hal. 12)

§  Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran

§  Guru mengadakan refleksi dan umpan balik hasil pembelajaran

§  Guru mengadakan tes hasil pembelajaran

§  Guru mengadakan remidi bagi peserta didik yang belum tuntas, serta memberikan pengayaan bagi peserta didik yang tuntas lebih awal

§  Guru memberikan tugas mandiri, baik individu maupun kelompok

§  Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

§  Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan keimanan (KI-1) dan akhlakul karimah (KI-2)

§  Guru mengajak berdoa akhir majlis, dialnjutkan salam

 

C.       Penilaian/Asesment

·      Sikap Spiritual dan Sosial       : Observasi (rubric dan instrument terlampir)

·      Pengetahuan                            : TesTulis dan Lisan (rubric dan instrument terlampir)

·      Ketrampilan                             : Unjuk Kerja (rubric dan instrument terlampir)

 

 

Mengetahui,                                                                                        ............, tgl.....................

Kepala ......                                                                                          Guru Mapel

 

 

.......................................                                                                     ......................................

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak